Selasa, 06 September 2016

Bilangan Desimal dan Bilangan Biner



Sistem Bilangan Desimal dan Biner
Pengetahuan mengenai sistem bilangan sangatlah penting sebelum kita belajar ke pemrograman tingkat lanjut. Ketika kita sudah paham maka kita akan mudah untuk mengikuti alur pembelajaran tentang elektronika/digital pemrograman. Hakikatnya semua sistem bilangan memiliki tiga komponen
: digits, base, dan weight.

Sistem desimal, sistem bilangan yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari, memilki sepuluh digits (0,1,2,3,4,5,6,7,8,9), base 10, dan weight (1,10,100,100,…)

Sistem Biner, sistem biner memiliki komponen seperti dibawah ini:
Dua digits : 0, 1
Base 2
Weight dengan basis 2 (1,2,4,8,16,…)
Dalam sistem biner 1 dan 0 dibentuk kedalam kolom-kolom, setiap kolom memiliki basis 2, kolom pertama adalah 20. Ini sama dengan sistem desimal 1. Kolom pertama ini disebut kolom least significant bit. Kolom selanjutnya diisi 21, yang ekuivalen dengan 2 desimal, dst. Kolom paling kiri merupakan most significant bit. Pada contoh ini most significant bit adalah 27 yang ekuivalen dengan 128 dalam sistem desimal.

Convert dari Biner ke Desimal
Berikut ini adalah langkah yang dapat digunakan untuk merubah sebuah bilangan biner ke bilangan desimal:
11)      Cari least ke most significant bit untuk 1
22)      Tulis pada setiap  kolom dengan binner “1” untuk merepresentasikan sebuah desimal
33)      Tambahkan nilai kolom
Dalam contoh berikut ini, kolom keempat dank e lima memilki nilai “1”. Nilai desimal dari kolom ke empat adalah 8, dan nilai desimal kolom ke lima adalah 16. Jadi bilangan desimal yang ekuivalen dengan bilang biner ini adalah 24.


Contoh selanjutnya adalah kolom ke empat dan ke enam bernilai biner 1. Nilai desimal dari kolom ke empat adalah 8, dan nilai desimal kolom ke enam adalah 32. Jadi bilangan desimal yang ekuivalen dengan bilangan biner ini adalh 40.

Bit, Byte, dan Words
Bit adalah bagian dari bilangan biner. Delapan bit akan membentuk satu byte. Dua bytes, atau 16 bits, akan membentuk satu kata.


BCD
Binary-Coded Decimal (BCD) adalah bilangan desimal dimana setiap digit digambarkan oleh empat bit bilangan biner. BCD umumya digunakan dalam sistem yang memiliki input dan output.  Bilangan desimal dibagi kedalam kelmpok-kelompok, dimana setiap kelompok terdiri dari empat bits, setiap kelompok merepresentasikan sebuah bilangan desimal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar