Minggu, 09 Oktober 2016

TIPS LULUS CUMLAUDE




”Tips Agar Lulus CUMLAUDE”. Bagi para mahasiswa baru pasti masih ada yang belum ngerti apa sih maksud dari kata”CUMLAUDE” ini. Disini Saya akan menjelaskan terlebih dahulu tentang predikat yang disandang seorang mahasiswa ketika lulus.
Ketika kita lulus dari perguruan tinggi, kita pasti akan mendapat predikat dari universitas/institute dimana kita berkuliah. Predikat ini berdasarkan dengan nilai IPK (indeks prestasi Kumulatif) yang kita dapat, Biasanya untuk program Diploma (D-III) dan S1 sama saja, mahasiswa dengan IPK direntang  2,76≤IPK≤ 3 akan medapat predikat “Memuaskan”, kemudian mahasiswa dengan IPK direntang  3,01≤IPK≤ 3,50 akan mendapatkan predikat “Sangat Memuaskan”, kemudain jiak IPK>3,5 akan medapat predikat “Pujian” jika masa studi ≤3 tahun (D-III) dan masa studi ≤4 tahun.  Terus diantara predikat tadi kok gak ada predikat “Cumlaude”???,..gak usah bingung, yang dinamakan predikat cumlaude itu ya predikat dengan “Pujian”, sama saja dan gak ada bedanya. Udah ngeh-kan dengan predikat cumalude ??... Setelah kita tau jenis-jenis predikat tersebut pasti para mahasiswa baru pengen dapet predikat terbaik alias cumlaude, mungkin karena Kita akan merasa bangga dan memiliki kenang-kenangan indah jika kita lulus dengan predikat cumlaude, adapun dengan predikat ini Kita akan banyak dilirik oleh perusahan-perusahan bagi yang pengen kerja, sedangkan yang pengen lanjut studi akan menjadi nilai plus. Sekarang lanjut ke topic inti, untuk mendapatkan nilai cumalude, berikut ini Tips dari Saya dan telah terbukti:

1.       Niat

Tips yang satu ini tidak dipungkiri merupakan hal pertama yang harus dilakukan. ,Begitu sakralnya “Niat” ini, tengok saja di dalam melakukan ibadah “Niat” merupakan langkah pertama yang dilakukan. Dengan niat kita dapat mengumpulkan tenaga, tekad, upaya dan harpan untuk suatu tujuan. Untuk itu kita harus menanamkan niat untuk dapat lulus dengan cumlaude.

2.       Mencari Metode Belajar yang Paling Tepat

Tips yang kedua ini adalah tips yang terpenting, Kalian harus mencari metode paling efektif dalam belajar sehingga dapat dengan mudah memahami dan mengaplikasikan ilmu yang didapat. Pengalaman Saya pribadi untuk menemukan metode ini “susah-susah gampang”, hehehe.. kok banyak susahnya!..gampangnya cuman sekali. Haha.. pribadi orangkan beda-beda jadi menurutku untuk mendapat metode yang cocok ini agak susah. Syukur kalau kalian udah dapet metode yang cocok ya tinggal nerusin..misal belajar sambil dengerin music atau belajar sambil salto..haha. Pada awalnya Saya melakukan observasi pada beberapa temen yang menurut Saya pinter, temanku Si” A” ini agak pemalas tapi dikelas duduknya selalu didepan saat kuliah dan matanya itu selalu memperhatikan setiap ocehan dosen, alhasil IPSnya selalu diatas 3,5…lain lagi temanku Si”B” , menurutku dia gak pinter-pinter amat tapi anaknya rajin banget, semua tugas pasti kelar dan dikumpulin tepat waktu, alhasil IPSnya selau diatas 3,5. Berhubung aku gak rajin-rajin amat dan gak pinter-pinter amat, Aku gabungin kedua hasil observasiku yaitu Si “A” + Si “B” = Aku. Maka, aku dapet metode belajar yang tepat, yaitu diwaktu dikelas aku memperhatikan dosen layaknya Si “A” walaupun terkadang gak kuat karena kantuk ya dipaksain aje..kemudian aku menjoba mendekati temanku Si”B”, agar semua tugas yang ada nggak kelupaan karena selalu diingetin sama si dia. Yah metode-metode apun yang penting bersungguh-sungguh insyAllah ada hasilnya, tentunya hasil terbaik.

3.       Tidak Teledor
Tidak teledor artinya sesuai dengan waktu, tempat, dan kondisi. Waktu : jangan pernah telat kuliah, kadang dosen akan menilaii mahasiswa dari sikapnya, makanya hati-hati, dan jangan telat ngumpulin tugas. Tempat: jika berada di ruang kelas, laboratorium hendaklah benar-benar berperilaku yang sepantasnya. Lagi-lagi tidak menutup kemungkinan itu akan jadi penilaian dosen. Kondisi: sesuaikan jumlah SKS setiap semester agar dalam satu semester kalian tidak terlalu banyak perkuliahan sehingga berat, perhatikan jumlah SKS yang kalian ambil. Untuk S1 ada 144 SKS dalam 8 semester. Semester perta biasanya sudah paketan yaitu 18 SKS, usahakan semester 2 – 7 ambil 20 SKS, dan semester 8 tinggal tugas akhir 6 SKS. Pengalamanku itu gak berat-berat amat. Yang penting temukan  metode belajar yang efektif bagi kalian pribadi.

4.       Doa

Semua Usaha harus dilakukan dengan sungguh-sungguh, kemudian serahkan semua hasil kepada Allah SWT. Berdoalah semoga diberi nilai yang terbaik dan sesuai harapan dan tak lupa mintak restu dan doa kepada kedua orang tua.

5.       Bersodaqoh
Sodaqoh memperlancar rizky

Demikianlah tips yang dapat Saya bagikan berdasarkan pengalaman Saya pribadi, semoga bisa memberi manfaat kepada pembaca. Jika ada kesalahan yang tidak berkenan di hati pembaca Saya mohon maaf, sekali lagi ini merupakan pengalaman Saya pribadi. Alhamdulillah Allah memberikan Saya rejeki lulus dengan predikat Cumlaude,  bukanya Saya sombang, tapi semata-mata ini hanyalah pengalaman yang ingin Saya bagikan khususnya bagi mahasiswa baru yang sangat tertarik dan penasaran terhadap dunia perkuliahan.  

1 komentar: